POSTINGAN UNGGULAN

Sinau Nge-Blog bersama Komunitas Blogger Trenggalek

Sinau Nge-Blog bersama Komunitas Blogger Trenggalek

Komunitas blogger trenggalek - Pada hari ini Minggu tanggal 19 Nopember 2017, saya mengikuti pelatihan pembuatan blog dan kepenulisan artikel di kantor LPPM Kab. Trenggalek. Perlu Anda ketahui bahwa pelatihan pembuatan blog dan kepenulisan artikel ini diselenggarakan oleh komunitas blogger trenggalek.  Pada artikel ini saya ingin membagikan kisah saya dan tujuan saya mengikuti kegiatan ini. Singkat cerita, pertama kali saya tahu informasi tentang pelatihan ini melalui poster yang di share oleh kawan saya melalui media sosial whatsapp.
Setelah saya tahu kabar itu, seakan kata hati ini langsung berkata “saya harus ikut” karena menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat dalam mengasah kemampuan saya dalam menulis. Disamping hal ini dengan mengikuti agenda ini saya berharap akan mendapat pengetahuan baru dalam hal desain dan posting blog dengan baik. Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak masalah dan kendala yang saya alami ketika hendak mengikuti agenda ini. Mulai dari padatnya agenda minggu ini (tugas sekolah, kewajiban di organisasi, dan masalah cuaca yang kurang bersahabat), akan tetapi itu semua tak menyurutkan niat saya untuk mengikuti kegiatan ini.
Alhamdulillah tepat pukul 10.00 WIB saya tiba dikantor LPPM kab. Trenggalek. Perjalanan selama 1 jam lebih dari Tulungagung dan diguyur hujan memang terasa melelahkan. Namun terlepas dari itu semua, saya sangat menikmati perjalanan kali ini. Pelatihan tersebut dihadiri oleh 21 orang dari berbagai wilayah di Trenggalek dan Tulungagung. Ada beberapa tujuan dan manfaat yang diharapkan dari pelatihan yang diadakan oleh komunitas blogger trenggalek ini. Salah satunya adalah diharapkan para peserta pelatihan ini dapat menulis artikel dengan baik yakni sesuai dengan peraturan bahasa dan peraturan tertulis yang baik. Selain itu juga diharapkan nantinya akan menjadi blogger yang professional.
Perlu Anda ketahui bahwa pembicara dari pelatihan ini adalah saudara Trigus, seorang blogger dan penulis opini di berbagai media Nasional. Tentunya dari curriculum vitae tersebut dapat dikatakan bahwa memang pelatihan ini bukan pelatihan yang main-main. Selain itu dari pesertanya sendiri  yang saya amati mereka adalah para master dibidang blog dan penulisan artikel. Atas dasar itu semua saya menjadi termotivasi ingin seperti mereka yang handal dalam dan berkompeten dibidangnya.
Untuk mengetahui kemampuan menulis para peserta dalam kegiatan ini. Pemandu memberi intruksi kepada para peserta untuk menulis cerita mereka dalam kaitanya dengan pelatihan ini. Banyak sekali cerita menarik yang disajikan  oleh para peserta pelatihan yang diselenggarakan oleh komunitas blogger trenggalek ini. Pengalaman peserta dalam kaitanya niat dan harapan mengikuti kegiatan ini sangatlah beragam. Ada peserta yang menceritakan tentang keluh-kesahnya ketika menuju lokasi kegiatan karena terkendala oleh sulitnya mencari lokasi.
Sinau Nge-Blog bersama Komunitas Blogger Trenggalek
Selain itu ada juga yang menceritakan tentang keluh-kesahnya tatkala menuju lokasi karena kondisi hujan yang sangat deras. Ada peserta lain yang menulis cerita tentang niat mereka mengikuti agenda ini. Akan tetapi mayoritas mereka bercerita tentang harapan mereka. Harapan yang dimaksud adalah harapan mereka setelah mengikuti kegiatan ini yakni ingin menjadi blogger yang proffesional. Ada juga yang memiliki harapan untuk memahami teknik penulisan artikel yang baik dan benar.

Ada begitu banyak cerita yang dihasilkan dalam pelatihan ini. Tentunya ini perlu diapresiasi mengingat kegiatan ini merupakan pelatihan yang diselenggarakan pertama kali oleh komunitas blogger trenggalek ini. Kemudian harapan dari para peserta pelatihan ini yakni hasil karya mereka dalam kegiatan ini berupa artikel tentang cerita mengikuti kegiatan ini untuk didokumentasikan. Karena cukup disayangkan kalau nanti cerita itu tidak didokumentasikan. Karena menulis adalah salah satu upaya untuk mendokumentasikan cerita. 

Comments