- Get link
- X
- Other Apps
POSTINGAN UNGGULAN
- Get link
- X
- Other Apps
Demam Game "Mobile Legends" dapat Berpengaruh pada Psikologi dan Mental Anak |
Game mobile
legends
- Dunia permainan adalah dunia yang menyenangkan bagi anak-anak hingga remaja,
bahkan tidak heran dan menyangkal bahwa orang dewasa juga masih gemar memainkan
game. Mulai dari COC, clash royale, fifa mobile hingga yang terbaru dan menjadi
trending topic di dunia game saat ini adalah game legends mobile.
Game
sebenarnya adalah aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi tingkat
stres atau tingkat kegelisahan akibat kegiatan yang setiap hari rutin dilakukan
oleh manusia. Pertanyaannya adalah apakah tujuanitu telah tercapai dengan baik?
atau justru kebalikannya, bahwa permainan benar-benar menambah masalah. Artinya
adalah bahwa pengaruhnya dapat dikatakan bahwa permainan tersebut tidak
mengurangi beban pikiran manusia tetapi menambah masalah bagi manusia itu
sendiri.
Banyak
anak-anak, remaja bahkan orang dewasa bahkan kecanduan permainan ini, bahkan mereka
rela mengeluarkan uang untuk mengakses atau bermain game menjadi lebih
menyenangkan. Bahkan game juga dapat menjadi ladang uang bagi mereka yang bisa
memanfaatkan peluang. Waoww, dapat dikatakan game adalah bidang bisnis yang
pada suatu saat dapat dijadikan sarana untuk menanam saham. Ya mungkin ada
investor yang akan berinvestasi dalam aplikasi game. Mari kita mengesampingkan
masalah saham yang sangat jauh melenceng dari pembahasan awal. hihihi.
Saya ingin
menceritakan sedikit tentang hal kecanduan permainan ini, pada suatu waktu saya
bersama rekan-rekan saya berniat nongkrong sambil ngobrol di kedai kopi. Secara
tidak ternyata kedai kopi tersebut tersedia wifi gratis, hahahaha. Sesampainya disana
ternyata ada banyak pengunjung mulai dari anak-anak sekolah dasar hingga ayah
berusia 50 tahun. Yang lebih menyedihkan lagi, semua yang ada di kedai tersebut
membawa HP atau notebook.
Begitu sunyi
suasana yang diwarung, setiap pengunjung telah sangat fokus pada HP
masing-masing seolah-olah mereka ada di sana sendirian tanpa ada orang lain.
Satu hal yang mengherankan saya, pemilik kedai kopi sangat baik kepada
anak-anak sekolah dasar dengan membiarkan mereka mengakses internet dari Wifi
tanpa harus membeli minuman atau makanan di tempat itu.
Dan
mayoritas yang ada di tempat tersebut mengakses game mobile legends.
Sebenarnya bukan hanya game mobile legend yang mempengaruhi psikologi dan
mental anak-anak tetapi hampir semua game yang membuat selalu dapat diakses dan
akhirnya membuat anak kecanduan game.
Hampir 70%
orang yang bermain game akan ketagihan dan akhirnya ketika mereka secara
bertahap bermain game akan merasa bosan dan akan memilih game terbaru lagi.
Saya sebenarnya tidak layak untuk menilai pengaruh game ini pada psikologis dan
mental anak-anak, karena saya bukan mahasiswa lulusan psikologi, tetapi saya
adalah seorang mahasiswa pendidikan yang dalam kegiatan atau aktivitas saya
selalu bersentuhan dengan aspek psikologi.
Jadi begini,
dari sisi psikologis ketika seorang anak mengakses game mobile legends atau
game apa saja dan membuat mereka merasa senang dan nyaman maka akan muncul
perasaan untuk terus bermain. Jika tidak ada pengawasan dan pencegahan orang
tua dalam penggunaan HP dan laptop atau komputer.
Ketiadaan
pengawasan dan pencegahan orang tua dalam penggunaan HP adalah karena dua kemungkinan
kepercayaan berlebihan dari orang tua kepada anaknya dan tidak adanya waktu
orang tua memeriksa kondisi anaknya. Kecanduan terhadap permainan ini biasanya
terjadi pada keluarga yang orangtuanya sangat sibuk dan broken home. Jadi itu
membangkitkan sikap atau perasaan anak-anak untuk bermain HP karena mereka
tidak diperhatikan oleh orang tua mereka.
Sedangkan
dari sisi mental, anak-anak yang sering bermain game di HP dan komputer akan
menjadi pengecut secara mental dan biasanya sifat mereka tertutup. Sosialisasi
mereka kepada teman-teman mereka dan dunia luar kurang, karena kegiatan mereka
terbatas untuk belajar dan bermain tanpa perhatian dan kasih sayang orang tua.
Sedikit saran kepada orang tua tentang penggunaan game ini, yakni cegah sebelum
terjadinya kecanduan, batasi anak dalam penggunaan HP dan sejenisnya, pantau
perkembangan anak terus lakukan pencegahan yang menurut Anda perlu dilakukan.
Karena pencegahan lebih mudah daripada mengobati.
Comments
Post a Comment