POSTINGAN UNGGULAN

Inilah 3 Gejala Kolesterol Tinggi Terbaru

penyakit kolesterol


Penyakit kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah suatu kondisi dimana kadar kolesterol dalam darah melampaui tingkat normal. Kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak yang banyak diproduksi di hati dan beberapa di antaranya didapat dari makanan. Kondisi kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit serius. Biasanya jenis penyakit yang menyerang penderita kolesterol yakni adanya deposisi kolesterol yang berlebihan pada pembuluh darah, serangan jantung, seperti stroke.

Orang dengan kadar kolesterol tinggi memiliki risiko besar terkena penyakit jantung dan stroke. Dalam istilah awam dikenal kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Akan tetapi, sebetulnya semua kolesterol adalah bentuk lipoprotein yang dibutuhkan serta berguna untuh tubuh jika berada dalam kadar yang normal. Namun, jika jumlah lipoprotein meningkat, akan mudah membentuk plak atau penyumbatan pada pembuluh darah, yang disebut kolesterol jahat.

Sedangkan HDL (high density lipoprotein) mengandung fosfolipid dan protein yang diproduksi oleh hati dan usus. HDL mengangkut kolesterol dari jaringan ke hati untuk diproses dan kemudian dikeluarkan dari tubuh. Hal ini membuat HDL berperan sebagai kolesterol baik dan dibutuhkan untuk mencegah terbentuknya plak yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Dalam artikel ini akan kami paparkan beberapa gejala kolesterol tinggi, supaya Anda lebih memahami silahkan simak uraian kami dengan baik.

Pertama adalah pertumbuhan kuku berubah. Karena kuku tidak mendapatkan cukup suplai darah akibat gangguan sirkulasi darah, akan terjadi perubahan seperti kuku yang menebal dan tumbuh lebih lambat saat Anda memotong. Kedua, terjadi perubahan pada kulit. Jika Anda mengamati seorang Dokter biasanya mulai memeriksa pasien kolesterol tinggi dengan mengangkat atau meletakkan kaki di atas meja.

Pada awalnya, kaki akan menjadi putih karena aliran darah terganggu. Namun, seiring waktu warna berubah menjadi kemerahan atau keunguan karena pembuluh darah melebar dan darah mulai mengalir ke kaki. Biasanya penderita kolesterol akan melihat jari-jari kakinya menjadi pucat saat duduk, karena kurang sirkulasi darah. Gejala kolesterol tinggi yang terakhir adalah kaki menjadi dingin. Indikator yang satu ini tidak bisa menentukan dengan pasti. Karena pada beberapa orang juga sering merasa kedua kaki terasa dingin saat disentuh, meski tidak sedang sakit (mungkin juga karena faktor suhu di area tempat tinggal).


Comments