POSTINGAN UNGGULAN

Inilah Bahaya Panas Berlebih Smartphone

Bahaya panas berlebih smartphone


Panas yang berlebihan biasanya disebabkan karena penggunaan yang terlalu lama atau saat pengisian baterai. Hal ini bila dibiarkan dikhawatirkan bisa merusak ponsel atau smartphone. Perlu anda ketahui bahwasanya panas berlebih pada smartphone dapat menyebabkan smartphone meledak. Dalam artikel ini kami akan memaparkan beberapa hal tentang bahaya panas berlebih smartphone, ulasan lebih lengkap akan kami uraikan dibawah ini.

Definisi kenaikan suhu atau panas yang berbahaya dan berisiko merusak gadget, atau menimbulkan risiko cedera pada pengguna adalah kondisi yang sangat panas yang luar biasa. Kondisi panas yang luar biasa tersebut berada pada kisaran 50 derajat celcius ke atas.

Kondisi gadget yang bisa dibilang dalam kondisi hangat atau kira-kira sehangat air suam-suam kuku masih dalam kategori aman. Kondisi tidak membahayakan gadget atau penggunanya. Akan tetapi jika gadget terasa sangat panas dan diperkirakan bisa membakar kulit yang menyentuhnya, maka anda harus segera menjauh dari gadget dan mematikan atau melepas sumber daya jika memungkinkan. Salah satu contoh terburuknya adalah kejadian saat Samsung Galaxy S4 meledak dan mampu membakar sebuah apartemen.

Dalam proses pengisian baterai, kondisi baterai dan juga gadget biasanya mengalami kenaikan suhu normal jika tidak melebihi suhu 40 derajat celcius. Kenaikan suhu hingga kisaran suhu tersebut tidak akan merugikan gadget dan pengguna. Anda sebagai pengguna gadget juga harus memperhatikan kenaikan suhu dengan hati-hati jika gadget Anda menggunakan penutup atau pelindung plastik atau karet yang merupakan isolator panas. Karena itu, akan membuat deteksi panas menjadi kurang akurat.

Sebaiknya gadget tidak di charge saat Anda tidur karena dalam kondisi ini proses pengisian baterai tidak diawasi. Jika terpaksa mengisi baterai saat Anda tidur disarankan untuk menjauhkan gadget dari benda atau tempat tidur yang mudah terbakar dan disarankan pada saat mengisi baterai gadget dalam kondisi off atau mati.

Salah satu cara untuk mencegah kondisi panas pada gadget, bisa anda lakukan dengan menggunakan sistem pendingin liquid. Demikian ulasan kami tentang bahaya panas berlebih smartphone, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda dan semoga anda lebih bijak dalam menggunakan smartphone.


Comments