POSTINGAN UNGGULAN

Berita Teknologi Pertanian Terbaru yang Wajib Anda Tahu

Teknologi Pertanian Terbaru


Perlu Anda ketahu bahwa teknologi pertanian terbaru yang dulunya diproduksi oleh petani perlahan sekarang bergeser dengan produksi pabrik. Oleh karena itu saat ini petani tidak mau mengikuti perkembangan jaman dengan menggunakan berbagai teknologi yang ditawarkan. Akhir-akhir ini dunia pertanian mulai merasakan efek negatif dari teknologi seperti penggunaan pupuk berlebih.

Yang diharapkan petani adalah untuk ke depan, teknologi pertanian terbaru harus ramah lingkungan. Petani tentu akan mempertimbangkan kelanjutannya, dan tidak akan merusak ekosistem harus menjadi prinsip dalam pembuatan teknologi pertanian. Perlu diketahui bersama bahwa Indonesia sendiri merupakan negara agraris dengan sumber daya alam yang tinggi, sehingga potensi pertanian di Indonesia sangat mendukung. Selain itu, Indonesia juga terletak pada ekuator yang memiliki iklim tropis, sehingga menciptakan keanekaragaman hayati dan menjadi sekilas untuk negara-negara asing, terutama di sektor pertanian.

Sementara pertanian itu sendiri merupakan sektor yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, karena inilah dasar pemberian pakaian, papan, dan makanan dalam kehidupan. Di Indonesia, sektor pertanian menjadi fondasi kehidupan masyarakat pada umumnya, karena Indonesia adalah negara agraris. Karena itu banyak warga negara Indonesia yang berprofesi sebagai petani. Partisipasi dalam pembuatan teknologi pertanian terbaru adalah untuk keberhasilan produktivitas pertanian. Seiring dengan bertambahnya populasi secara otomatis kebutuhan akan papan, pakaian, dan makanan akan meningkat, terutama pada kebutuhan pangan.

 Dengan demikian dunia pertanian harus bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan pangan dunia, dengan melakukan langkah demi langkah sehingga produksi yang dihasilkan bisa memuaskan. Perlu Anda ketahui bahwa ada dampak positif dan negatif dari teknologi pertanian terbaru, berikut ulasannya. Untuk dampak positifnya yaitu pertama, mempercepat Kerja Petani. Dalam praktik pertanian yang besar, petani membutuhkan waktu lama tanpa teknologi, namun dengan teknologi petani akan lebih mudah dan cepat menanam lahannya. Seperti misalnya penggunaan mesin traktor yang dulunyanya gunakan kerbau.

Selain dampak positif, terdapat pula dampak negatif dari penggunaan teknologi pertanian terbaru ini. Misalnya, jika teknologi modern berkembang hanya mengejar produktivitas namun tidak memperhatikan aspek sosial, lingkungan, dan ekonomi maka teknologi yang semula menyederhanakan justru akan mempersulit manusia di masa depan. Kedua, sebelumnya sayuran dan buah-buahan hanya membutuhkan penyiraman setiap hari dan memberi kompos. Tapi sekarang karena kondisi tanahnya tidak sama seperti dulu disiram dengan pompa dan sekarang berbagai hama tanaman harus diberantas dengan menggunakan pestisida, ini untuk mengusir dan membunuh hama tanaman. Hasilnya pun akan berbahaya dikonsumsi karena mengandung pestisida.

Comments