POSTINGAN UNGGULAN

Manfaat Olahraga Pagi yang Perlu Anda Ketahui



Pada umumnya manfaat olahraga pagi sudah banyak diketahui masyarakat umum. Mereka sudah tahu bahwa ada banyak manfaat dari olahraga pagi. Hal ini juga sangat dikenal oleh orang-orang yang rajin berolahragabahkan orang yang malas atau jarang berolahraga. Dengan olahraga teratur, tubuh juga akan menyesuaikan diri untuk melakukannya setiap hari. Sampai akhirnya, olahraga pagi menjadi sebuah rutinitas.

Olahraga terutama di pagi hari menjadi cara terbaik dan alami untuk menjaga kebugaran tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata manfaat olahraga pagi tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Rajin berolahraga akan membuat Anda lebih berstamina, dan membuat tubuh selalu segar dan bugar dalam menjalankan aktivitas setiap hari. Berikut kami sampaikan beberapa manfaat olahraga pagi untuk kesehatan Anda.

Manfaat pertama adalah meningkatkan metabolism. Olahraga pagi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kita. Seperti dapat meningkatkan metabolisme, yang berarti Anda bisa lebih aktif dan energik sepanjang hari. Olahraga pagi membuat Anda berkeringat di dalam tubuh, ini membantu membakar kalori dalam tubuh. Hal ini akan berguna membuat tubuh Anda tidak mudah lelah dan terhindar dari stres.

Manfaat kedua adalah meningkatkan kecerdasan otak. Dalam sebuah penelitian di Universitas Nihon Fukushi di Handa, Jepang, hasilnya menunjukkan bahwa olahraga pagi memiliki peran dalam membantu meningkatkan kecerdasan otak seseorang. Dimana orang yang berolahraga secara teratur di pagi hari akan memiliki tingkat intelektualitas yang lebih tinggi daripada yang malas berolahraga.

Bentuk penelitian dilakukan selama 4 bulan lamanya, dengan memeriksa 7 orang yang masih muda dan sehat. Maka 7 orang diminta berlari selama 30 menit, ini rutin dilakukan sebanyak 3 kali seminggu, prosesnya berlangsung 4 bulan. Sebelum diminta melakukan olahraga pagi, mereka diminta untuk melakukan tes berbasis komputer. Setelah melakukan olahraga pagi selama 4 bulan, maka mereka diminta lagi mengikuti serangkaian tes berbasis komputer. Hasilnya cukup mengejutkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam kualitas kognitif mereka. Maka peneliti menyimpulkan bahwa manfaat olahraga pagi seperti jogging atau bersepeda (sejenisnya) secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.

Comments