POSTINGAN UNGGULAN

Daya Tarik Goa Pindul Membuat Wisatawan Ketagihan

goa pindul

Goa Pindul - Tempat ini adalah salah satu wisata andalan Yogyakarta, yang terus melambung bagaikan roket yang terbang dengan kecepatan tinggi. Di sepanjang gua ini ada aliran air yang begitu jernih dan pastinya juga dingin. Namun, justru inilah yang menjadi daya tarik wisata Goa Pindul, yang mengharuskan semua wisatawan untuk melakukan kegiatan Cave Tubing.

Apakah itu Cave Tubing? Istilah Cave tubing adalah menyususri aliran sungai menggunakan pelampung dengan tingkat keamanan sesuai dengan standar internasional. Jadi, bukan arung jeram seperti di Magelang. Sebab, jika rafting/arung jeram membutuhkan aliran air yang cukup deras. Sementara itu, aliran air di sini cukup tenang.

Jangan kaget jika di tempat ini banyak kelelawar yang terbang kesana kemari. Seperti, sebuah sambutan selamat datang untuk semua wisatawan. Kelelawar ini akan berkolaborasi dengan ornamen gua yang akan terlihat seperti lukisan. Didalam gua ini ada sebuah ruangan yang cukup menarik untuk diperhatikan. Tempat yang biasanya digunakan untuk tim SAR yang masuk.

Ruangan ini memiliki lubang yang memungkinkan sinar matahari masuk. Sehingga akan memperlihatkan pemandangan yang fantastis. Tempat ini biasa digunakan sebagai tempat berfoto bagi wisatawan. Panjang kawasan wisata ini sekitar 350 meter dengan lebar mencapai 5 meter. Lumayan panjang untuk wisatawan yang takut air yang disebabkan karena mereka tidak bisa berenang.
Jangan takut jika Anda berani mengunjungi tempat ini. Karena, Friend Traveler semua tidak akan sendirian, akan ada seorang teman yang siap membantu dan telah dilatih dengan sangat cepat jika, Friend Traveler semuanya terjadi.

Ada 3 zona yang harus dilalui oleh semua wisatawan. Zona tersebut adalah zona terang, zona redup, dan juga zona gelap. Di mana perjalanan akan dimulai dari zona terang. Kemudian masuki zona redup. Sampai akhirnya, memasuki zona gelap yang mengesankan dan mampu membuat hati seorang wisatawan berdebar-debar.

Bukan Indonesia namanya jika tidak ada mitos. Untuk tempat ini, konon katanya bahwa jika, wisatawan terkena tetesan air staglagtit, para wisatawan akan awet muda. Dan akan menambah kecantikan bagi wanita. Jika, yang terkena adalah pria maka, air dapat meningkatkan vitalitas. Benar atau tidak tergantung pada semua wisatawan percaya atau tidak. Namanya juga disebut mitos.

      Gua Pindul terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk mencapai tempat ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke jalan wonosari. Kemudian, berjalan lurus menuju Pathuk dan Wonosari.

Ketika tiba di persimpangan bundaran empat, yaitu bundaran Siyono dengan karakteristik memiliki air mancur di tengah. Anda terus lurus saja sampai Anda menemukan perempatan besar. Dari perempatan ini belok kiri menuju Desa Bejiharjo. Setelah sampai Desa ini, Anda akan disambut oleh beberapa orang muda yang akan menjadi pemandu.
Harga yang ditawarkan oleh pemandu biasanya mulai dari 50 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah tergantung pada harinya. Jika pada hari kerja harganya akan lebih bersahabat, berbeda jika di akhir pekan atau bahkan musim liburan. Harga pasti akan melonjak. Dengan pilihan paket Cave tubing yang bisa dipilih, yang membuat pesona Pindul Goa begitu mengesankan.

Fasilitas yang Anda dapat dengan harga 50 ribu adalah asuransi, pemandu, rompi, ban pelampung. Biasanya sebelum melakukan susur gua, Pemandu akan melakukan sedikit pelatihan - pelatihan kecil dan memberi tahu Anda bagaimana cara aman selama perjalanan. Bagaimana, murah bukan?

Berjalan menyusuri Goa Pindul membuat Anda memiliki pengalaman yang cukup menarik. Pengalaman berharga yang tidak akan pernah terlupakan. Apalagi panduan-panduan yang santun dan sangat ramah. Mereka akan dengan senang hati menjawab semua pertanyaan dan dapat membuat suasana liburan Anda lebih menyenangkan.


Comments