POSTINGAN UNGGULAN

Pengobatan Asam Urat Secara Alami

Pengobatan Asam Urat

Warta mataraman
– Perlu Anda ketahui bahwa asam urat berasal dari metabolisme purin, sejenis protein yang sebagian besar sumbernya berasal dari produk hewani dan minuman beralkohol. Purin dalam jumlah kecil bermanfaat bagi metabolisme tubuh. Namun purin dalam jumlah banyak akan mengakibatkan akumulasi kadar asam urat. Hal ini tidak bisa dilepaskan oleh tubuh sehingga kita diserang oleh asam urat. Coba perhatikan orang-orang yang masih muda saat ini telah diserang oleh asam urat. 

Mereka biasanya mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang berlebihan tanpa memberi kompensasi dengan sumber makanan yang bernutrisi lainnya. Tujuan perawatan asam urat bukan untuk tidak mengkonsumsi kadar purin di tubuh sama sekali. Tapi untuk mengonsumsi dengan batas normal dan menyimpannya dalam jumlah yang cukup hingga tidak lagi mengganggu fungsi tubuh. Dokter biasanya akan membuat resep sambil menyarankan gaya hidup sehat dan diet untuk penderita penyakit asam urat yang parah.

Namun, saat Anda mengalami gejala sekecil apa pun, ada baiknya Anda mencoba menyembuhkannya sendiri dengan melakukan modifikasi gaya hidup. Bagaimana? Caranya amat gampang, jangan Anda biarkan purin menumpuk di tubuh Anda sampai tidak bisa diekskresikan oleh ginjal. Berikut adalah beberapa cara pengobatan asam urat tanpa harus menemui dokter.

Pertama, kurangi jenis makanan yang banyak mengandung purin. Makanan ini biasanya merupakan sumber protein hewani seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, kambing dan babi, ayam, otak dan jeroan. Jika Anda ingin mengkonsumsi sumber protein, konsumsi protein murni seperti putih telur, protein nabati, dan protein yang merupakan sumber asam lemak esensial seperti salmon dan tuna. 

Kedua, perbanyak makan makanan yang mudah dicerna dan bernutrisi, seperti makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral dan serat. Ketiga, minum banyak air putih, sekitar 2 liter per hari. Pengobatan asam urat tanpa obat yang terakhir adalah lakukan diet sehat dengan olahraga untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh. Jika sakit, tidak perlu memaksakan latihan berat, cobalah mengangkat beban dengan ringan, yoga, berjalan kaki atau bersepeda secara perlahan. Kami sarankan lakukan cara ini secara konsisten setiap minggu.

Comments