POSTINGAN UNGGULAN

Cara Menanam Kubis yang Baik untuk Panen Berkualitas

menanam kubis



Menanam kubis – Kubis adalah salah satu jenis sayuran - sayuran sehat yang memiliki harga yang cukup ekonomis jika dibandingkan dengan Lombok. Kubis ini sendiri adalah sayuran yang tumbuh langsung tanpa batang tanaman dari tanah yang hampir menyerupai Brokoli. Karena itu, Anda perlu melakukan perawatan khusus untuk menanam sayuran yang satu ini.

Menanam kubis untuk mendapatkan hasil panen yang baik tidaklah mudah. Anda harus sabar dan selalu merawat tanaman Anda dengan baik. Kubis dapat menjadi salah satu ladang bisnis yang menjanjikan jika Anda dapat menumbuhkannya dengan baik sebagai kultivasi. Jadi, Anda akan mendapat untung besar dengan proses kultivasi yang benar. Kemudian, bagaimana cara menanam kubis sebagai budidaya/kultivasi? berikut ulasannya.

Pilih Media Tanam yang Baik

Lokasi dan lahan untuk menanam sayuran kubis adalah salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan. Dengan menggunakan tanah yang tepat untuk digunakan sebagai media tanam akan membantu Anda menghasilkan tanaman kubis yang maksimal. Budidaya kubis yang paling tepat, ditanam di lahan yang memiliki ketinggian lebih dari 800 Mdpl.

Selain itu, curah hujan harus cukup dan memiliki suhu udara antara 15 hingga 20 derajat celcius. Untuk hasil yang maksimal, Anda juga harus memastikan jika tanah PH yang digunakan memilki kadar 6 hingga 6,5 ​​ph. Menanam tanaman ini tidak mengenal musim dan cuaca sehingga Anda dapat menanam tanaman ini sepanjang tahun.

Pembibitan dan Pengolahan Lahan

Cara menanam kubis yang baik dan tepat juga harus dipertimbangkan. Sebelumnya biji direndam dalam air hangat selama setengah jam sebelum benih tersebut diangin-anginkan. Benih berikutnya ditebar di persemaian yang terdiri dari tanah dicampur dengan kompos dengan perbandingan satu banding satu. Selanjutnya adalah menyiapkan lahan untuk budidaya kubis. Pertama, tanah sebelumnya dibajak terlebih dahulu dengan kedalaman 30 cm. Sebelum digunakan untuk pembenihan tanah juga harus captan dengan ukuran 2 ton di setiap hektar.

Proses Penanaman

Untuk penanaman yang dilakukan adalah membuat lubang untuk memasukkan bibit tanaman dengan jarak antar lubang adalah 60 × 50 atau bisa juga dengan jarak 70 × 60. Selanjutnya adalah pemilihan bibit untuk ditanam pilih bibit yang segar. Jika biji yang Anda gunakan disemai pada bumbung yang berasal dari daun pisang, Anda dapat menanamnya bersama dengan bumbung. Tetapi jika Anda menggunakan media polyback seedling, Anda harus memisahkan bibit dan tanah dari polyback tersebut.

Perawatan

Pada hari-hari awal penanaman tanaman berumur o hingga 49 hari yang harus dilakukan adalah melakukan penyiraman yang dilakukan setiap hari. Lakukan pemupukan lebih lanjut pada tanaman yang berusia 4 minggu. Pupuk yang digunakan adalah urea dan juga kcl. Selanjutnya pada usia 2 hingga 4 minggu tanaman harus disiangi.

Cara selanjutnya menanam kubis pada tanaman yang berumur 50 hari sampai panen adalah penyiangan dengan tangan dilakukan pada satu minggu sebelum panen. Selanjutnya Anda harus melakukan pemeriksaan yang lebih ketat untuk hama yang mengganggu dan dapat membuat panen kurang memuaskan. Jangan gunakan bahan kimia untuk menghilangkan hama di periode dekat panen karena akan mengurangi kualitas tanaman.

Itu sedikit tentang cara menanam kubis dengan baik dan benar yang dapat Anda lakukan sendiri di lading/sawah Anda. Menanam kubis atau kol adalah salah satu budidaya tanaman yang baik. Anda dapat menghasilkan keuntungan dengan perawatan tanaman yang tidak terlalu sulit. Hanya saja Anda harus berhati-hati dan teliti untuk menghasilkan tanaman yang memuaskan.


Video Cara Menanam Kubis yang Baik untuk Panen Berkualitas

Comments